Jumat, 13 April 2012

TWITTER [ 트위터의 ]

Sejarah Twitter


Twitter.. sebuah nama yang tidak asing lagi bagi umat manusia di muka bumi ini. twitter adalah sebuah social network yang berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (follower).
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".. Twitter adalah jejaring social dan microblogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dam lain sebagainnya.


Di Amerika, twitter sangatlah populer bahkan hampir bias disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan mengapa Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media social untuk saling berkomunikasi secara lebih simple  antar pengguna.

KONSEP TWITTER 

Ide dari pembuatan twitter ini cukup sederhana. mengkombinasikan SMS dengan situs jejaring sosial. Inspirasi dasar Twitter muncul dari SMS group messaging service TXTMob.
Awalnya layanan ini diberi nama “twttr”, terinspirasi dari nama situs sharing foto Flickr. Dan layanan ini awalnya juga hanya terbatas digunakan dalam internal perusahaan Odeo saja.
Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya ; kicau burung.  Saat peluncuran pertama kali Twitter sudah memiliki brand, nama serta identitas yang jelas, padahal pendirinya belum tahu akan seperti apa model bisnis layanan ini
Oktober 2006, Jack Dorsey menggandeng Biz Stone, Evan Williams membentuk Obvious Corp untuk membeli asset Odeo serta Twitter. Selanjutnya Odeo dan Twitter menjadi perusahaan yang terpisah. Untuk sumber dana dari Twitter sendiri didukung oleh perusahaan modal ventura (yang umum sering mendanai perusahaan start up yang potensial) seperti ; Benchmark Capital, Institusional Venture Partners, Union Square Ventures. Proses pendanaan Twitter ini menjunjukkan bahwa dalam bisnis teknologi internet seringkali suatu model bisnis awal memerlukan “suntikan dana” yang kuat. Karena belum tahu kapan model bisnis ini akan mulai menghasilkan. Sehingga perencanaan keuangan yang kuat mutlak diperlukan agar bisa survive dan menghasilkan cashflow positif.

Twitter terus berkembang menjadi situs micro-blogging dan menjadi media alternatif yang menarik ditengah hiruk pikuknya situs-situs jejaring sosial, dijaman Internet Web 2.0. Twitter tahun 2009 menambahkan kolom pencari (search bar), popular topics yang kemudian menjadi trending topics. Inovasi ini telah menempatkan Twitter menjadi salah satu mesin pencari (search engine) yang khas dan unik. Mencari sesuatu berdasarkan topik-topik yang menjadi tema tweet para “Tweeps”. Suatu bentuk pencarian yang real-time dan lebih human mind-oriented. Twitter juga menambahkan fitur “Twitter List” yang memungkinkan kita mengikuti dan membalas daftar authors, bukan hanya sekadar mem-follow author individu.
Inovasi-inovasi Twitter tersebut berbuah manis, pada awal tahun 2010, Google dan Microsoft  membayar puluhan  juta dollar untuk memasukkan hasil pencarian Twitter kedalam hasil pencarian search engine Google dan Bing (milik Microsoft)

Teknologi yang Digunakan 

Twitter adalah layanan micro blog yang hanya memuat 140 karakter. Awalnya Twitter diremehkan karena hanya mampu memuat pesan pendek. Namun ternyata kekuatan Twitter justru terletak pada formatnya yang sangat ringkas. Twitter juga terkenal dengan layanan retweetnya yang mampu membuat pesan berantai sehingga bisa menjangkau khalayak luas. Twitter terbukti efektis sebagai media informasi komersial maupun non komersial. 

Kelebihan twitter :
  1. Sebuah alat komunikasi media yang cepat tanggap dan tentunya mengasyikkan bagi saya
  2.  Untuk menjawab sebuah tweet dalam “Twitter World” alangkah baiknya di balas melalui DM atau Direct Message itu membuat lebih persona
  3. Twitter berbeda dengan facebook karena di twitter kita bisa mengubah background akun twitter kita dengan foto yang kita inginkan
  4. Menyediakan badge verified yakni sebuah verifikasi akun yang menandakan bahwa akun itu adalah asli milik pengguna. Contohnya : akun artis Indonesia yang kini mendunia yaitu Agnes Monica 


Kekurangan twitter :


  1. Karakter yang digunakan sangat sedikit di banding facebook. Twitter hanya menyediakan 140 karakter sedangkan facebook mampu menampung karakter sebanyak 500an, ini membuat pengguna harus pintar-pintar menyingkat pesan yang hendak di post (seperti kita menyingkat pesan dalam mengirimkan SMS)
  2. Menggunakan twitter tidak mudah seperti kita menggunakan facebook karena di twitter kita harus menggunakan berbagai macam symbol seperti @ yang digunakan untuk menyebutkan atau memanggil follower kita di twitter, symbol # (hash tag)
  3.  Twitter tidak menyediakan album foto dan profil picture yang di tampilkan tidak sebesar facebook.
  4. Tidak tersedianya fitur chatting atau mengobrol dengan follower 
Sistem keamanan

Untuk Keamanan Pengguna , Twitter telah mengaktifkan secara default secara otomatis user akan mengakses menggunakan koneksi https. Dengan di defaultkannya https diharapkan semua accont twitter akan memiliki keamanan dan komunikasi data twitter akan lebih sulit untuk di sadap mekipun sang pemakai menggunakan sara public seperti WiFi dan Warnet karena data akan terenkripsi . sumber(blog.twitter.com)



Pemanfaatan dan pengembangan masa depan

Dengan melihat kelebihan dan kekurangan yang twitter miliki dengan memanfaatkan kecanggihan dunia IT saat ini sebaiknya menambahkan karakter ya setidaknya 200 karakter dan untuk mempermudah pengguna twitter dapat membuat sebuah fitur untuk mengobrol dengan follower seperti di YM atau FB.




0 komentar:

Posting Komentar